3 Hari Terakhir ini berita nasional dihebohkan dengan kecelakaan
pesawat sukhoi di gunung salak bogor jawa barat. selain ngurusin korban
nyawa, tim sar juga mencari black box dari pesawat sukhoi tersebut. yuk
kita belajar tentang sebenernya black box atau kotak hitam itu apaan
sih? dan bagaimana cara kerjanya.
“Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga/oranye. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.” – wikipedia.
Nah, bagi yang selama ini menganggap bahwa kotak hitam adalah berwarna hitam, ternyata salah. Tapi mengapa disebut kotak hitam? Mungkin, karena dulunya pertama kali hitam, atau memang dari pertama ada, memang sudah orange. Bisa jadi karena orange, tapi karena mengalami kecelakaan pesawat, warnanya berubah menjadi hitam.
Sebenarnya, konotasi kotak hitam disini adalah bahwa tragedi atau misteri itu dikonotasikan dengan warna hitam. Kotak
hitam (black box) pada pesawat terbang berfungsi untuk mencatat
kegiatan pilot baik percakapan – cockpit voice recorder (CVR), maupun
gerak pesawat terbang -flight data recorder (FDR) .“Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga/oranye. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.” – wikipedia.
Nah, bagi yang selama ini menganggap bahwa kotak hitam adalah berwarna hitam, ternyata salah. Tapi mengapa disebut kotak hitam? Mungkin, karena dulunya pertama kali hitam, atau memang dari pertama ada, memang sudah orange. Bisa jadi karena orange, tapi karena mengalami kecelakaan pesawat, warnanya berubah menjadi hitam.
Data dari FDR dan CVR disimpan di memory boards di dalam crash-survivable memory unit (CSMU) – pelindung black-box1memory yang berbentuk silindris. Dengan alat ini lebih dari 700 macam parameter data dapat disimpan. Crash Survivable Memory Unit (CSMU) berisi papan memori dikelilingi oleh isolasi termal baju besi dan baja yang dapat menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya gravitasi dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 – 20.000 kaki (4,270 m-6.096 m).
Seluruh data yang dikumpulkan oleh sensor sensor di pesawat terbang di kirim ke flight-data acquisition unit (FDAU) yang terletak di hidung pesawat. FDAU inilah sebagai perantara sebelum data di simpan dalam kotak hitam.
Itulah
sebabnya mengapa setiap ada kecelakaan pesawat terbang, kotak hitam
inilah yang di cari oleh investigator, karena data-data terakhir
sebelum terjadi kecelakaan terekam dalam kotak hitam ini. Biasanya
data-data di dalam kotak hitam (black box) ini dirahasiakan oleh
penyelidik karena berbagai alasan.
SEMOGA BERMANFAAT
0 JANGAN LUPA KASIH KOMENTAR YA:
Posting Komentar