~$~YUKK TRADING BITCOIN ~$~

SELAMAT DATANG DI TAMTAMCOMPUTER.

Rabu, 19 Oktober 2011

Jangan Menyalakan Laptop Dengan AC Power Dengan Kondisi Baterai Dicopot


ane mau share dikit aja,, mungkin uda banyak yg tau,
kalo berkenan di share ketemennya juga ya :D
dan di like ini post :D
walaupun repost, tpi mungkin berguna untuk yg belum tau :D

ane mau sharing pengalaman pribadi ane seputar penggunaan batere laptop/notebook/netbook nih Gan.

Kontroversinya gini nih gan :

1. Ada yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power dengan keadaan batere terpasang bisa memperpendek usia batere. Jadi sebaiknya batere dicopot kalo pake AC power.

2. Ada juga yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power tanpa batere terpasang bisa merusak komponen2 elektronik laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari yang seharusnya diterima laptop. Jadi sebaiknya batere tetep dipasang kalo pake AC power.

Dari kedua pendapat tersebut sebenernya ga ada yang bener atau yang salah Gan!!! Yang ada salah satunya (batere atau komponen daleman laptop)yang dikorbankan...

Kok bisa?
NIH PENGALAMAN DARI Wen Dy Asakura TEMEN ANE GAN 
Nih Gan pengalaman ane...
bokap ane punya laptop yang sehari2nya ane geber abis2an buat online, ngegame, dll. Dalam penggunaanya ane make AC power dengan kondisi batere dicopot dengan tujuan supaya usia pemakaian batere jadi awet...
Suatu hari laptop ane matot alias mati total Gan...
Karena masalah tersebut, akhirnya ane bawa laptop ane ke service center resminya Gan...
Setelah diperiksa ternyata motherboarnya yang kena Gan, buat benerinnya harus ganti motherboard yang harganya 2,5 jutaan Gan!
Trus ane ngobrol2 tuh Gan sama teknisinya...
Belum sempet ane tanya kenapa kok laptop ane bisa kaya gitu, teknisinya malah tanya duluan kaya gini "Mas, kalo make laptop pake AC power trus baterenya dicopot ya?" Ane jawab "Iya mas, kok tau?"

Trus tu teknisi ngasih penjelasan yeng pada intinya kaya gini Gan:
1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot memang bisa mamperpanjang usia batere.
2. Batere laptop berfungsi sebagai stabilisator karena di dalamnya terdapat penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit) untuk mempertahankan tingkat keamanan tegangan dan arus listrik.
3. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen2 tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.
4. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen daleman laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).

Trus si teknisi tadi ngasih saran gini Gan:
Kalo pake make AC power mendingan baterenya tetep dipasang. Mending baterenya yang rusak, kalo ganti yang orisinil paling harganya 700 - 800ribuan. Daripada motherboard yang rusak biayanya bisa mahal banget, kalo sampe harus ganti bisa jutaan...



jadi pendapat batere dicopot untuk ngemat umur batere tu sbaiknya di apus ya di memory otak, direplace sama file ini 

sumber:Wen Dy Asakura

0 JANGAN LUPA KASIH KOMENTAR YA:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More